Seperti yang udah pernah aku ceritakan, alasan utama membuat blog ini karena adanya tugas dari salah satu mata kuliah dari jurusan aku. Dimulai dari membuat blog yang harus didesain semenarik mungkin, menulis sebuah konten yang berisikan suatu informasi yang aku harap itu bermanfaat bagi yang membaca dengan mempromosikan blog aku di sosial media agar banyak orang yang baca konten-konten informasi yang udah aku buat. 

Kuliah di jurusan ilmu perpustakaan ga melulu soal buku loh, disini juga akan diajarkan mulai dari pengarsipan, penyimpanan buku dan dokumen juga mengelola sebuah informasi dengan baik agar pengguna dapat dengan mudah mencari informasi yang dibutuhkan. Jadi ga melulu soal buku

Salah satu mata kuliah di jurusan ini ada Digital Marketing Library. Di mata kuliah ini aku jadi punya skill yang sebelumnya aku ga punya. Pengetahuan dan skill aku semakin bertambah berkat mata kuliah ini yang bermanfaat banget buat karir aku ke depannya. Ga cuma pengetahuan dan skill, di mata kuliah ini juga ada tantangannya yang aku dapet. Jadi, apa aja sih tantangan, skill dan pengalaman yang aku dapet dari mata kuliah ini, mari aku bahas...

    Pertama, ada Digital Marketing. Digital marketing adalah sebuah strategi pemasaran yang menggunakan media digital dan internt. Nah, digital marketing ini bentuk upaya untuk mempromosikan sebuah perpustakan. Semakin canggih teknologi yang berkembang, perpustakaan juga perlu buat ngikutin loh agar tidak tertinggal. Jadi, digital merketing di perpustakaan, mempromosikan perpustakaan agar perpustakaan dapat lebih dikenal lagi oleh masyarakat. Sehingga perpustakaan tidak dilupakan begitu saja oleh masyarakat.

    Mempromosikan perpustakaan melalui digital marketing yang paling banyak digunakan dengan mempromosikannya di media sosial. Di jaman sekarang ini masyarakat lebih banyak menggunakan media sosial, sehingga perpustakaan dapat terlihat oleh masyarakat. Sosial media nya itu seperti Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, dan lain-lain. 

    Digital marketing ini ngasih aku pengetahuan gimana sih caranya mempromosikan perpustakaan agar perpustakaan tidak dilupakan oleh masyarakat, mengembangkan perpustakaan terus menerus, sehingga perpustakaan dapat bersaing dengan instansi lainnya yang memberikan sebuah informasi. 

    Kedua, dengan membuat Blog atau Web. Membuat sebuah blog atau web itu juga menjadi salah satunya. Blog atau web ini penting banget bagi sebuah perpustakaan. Blog atau web bisa dijadikans sebagai memberikan informasi kepada masyarakat atau menjelaskan mengenai perpustakaan tersebut. Blog atau web di perpustakaan lebih lengkap informasinya. 

    Disini aku diajarin caranya membuat blog atau web untuk membuat sebuah konten yang informatif bagi pembaca. Dimulai dengan berpikir konten apa ya yang informatif dan memilih tema hingga menghias blog atau web ini supaya tampil menarik agar masyarakat tertarik dalam membaca sebuah konten di web ini. 

    Ketiga, Search Engine Optimization (SEO) 

    Apa sih SEO itu? SEO atau Search Engine Optimization adalah suatu teknik upaya mengopyimasi website agar mendapat ranking teratas di hasil pencarian Google. Dengan SEO ini, situsnya akan mudah ditemukan sehingga berpotensi mendapatkan lebih banyak traffic. 

    Kenapa harus SEO Google? Karena Google mesin pencari yang paling banyak digunakan. Dengan SEO yang baik, sebuah website akan lebih banyak mendapatkan traffic. 

    Disini aku daiajarkan mengenai SEO, gimana caranya website atau tulisan yang kita buat ada di ranking atas dalam pencaharian yang dilakukan oleh seseorang. Sehingga tulisan kita ini semakin banyak dikunjungi. Pustakawan nantinya yang akan mengelola sebuah web perpustakaan harus memiliki kemampuan ini agar web atau blog perpustakaan semakin terdepan ketika seseorang mencari sebuah informasi. Disini tantangannya bagaimana kita dapat menggunakan SEO yang baik dan benar, aku juga masih belajar banyak.

    Keempat, Copywriting.

    Apa sih copywriting itu? Copywriting adalah suatu metode pembuatan materi pemasaran yang mampu membujuk audiens di dalamnya untuk melakukan suatu tindakan, seperti membeli suatu produk ataupun layanan, berlangganan newsletter, menghubungi sales penjelasan, dan lain-lain.

     Copywriting  ini sebagai suatu hal yang penting. Selain bisa dituangkan dalam bentuk tulisan, cara ini juga bisa diterapkan dalam membuat suatu naskah video ataupun podcast. Selain itu, kemampuan copywriting  juga bisa diterapkan dalam berbagai media pemasaran, seperti teks pada landing page, artikel blog,  Post media sosial, headline dan meta description, Iklan berbayar di Google atau, media sosial, Judul dan deskripsi video YouTube.

    Nah, kemampuan copywriting ini juga penting banget yang harus dimiliki oleh pustakawan. Kemampuan pustakawan dalam mempromosikan perpustakaan atau memberikan informasi melalui tulisan dan berbicara dengan kalimat yang baik dan benar. Sehingga masyarakat akan tertarik. 


Nah, itu tadi tantangan, skill dan pengetahuan yang aku dapat dari mata kuliah ini. Digital Library Marketing ngajarin aku dan ngasih aku ilmu yang bermanfaat banget buat aku ke depannya. Materi yang diberikan dari dosen pengampu mata kuliah ini yakni, Muhammad Azwar S. Pd. I, M.Hum sangat berguna dan membantu dalam memahami mata kuliah ini. Menjadi seorang pustakawan di era canggih teknologi perlu dibutuhkan skill yang dapat mengoperasikan teknologi dan dapat berkembang sesuai arus jaman, jangan sampai seorang pustakawan tertinggal akan teknologi yang semakin hari semakin berkembang. Itu aja yang bisa aku share ke kalian semua. Terima kasih untuk yang sudah membaca, mengomentari, dan mendukung. 

-ev0cative